Vaksinasi Hepatitis B




Hepatitis B adalah suatu penyakit infeksi yang menyerang hati, dapat bersifat akut dan kronik serta dapat menyebabkan sirosis (pengerasan hati) dan kanker hati. Diperkirakan 2 milyar penduduk dunia telah terinfeksi Virus Hepatitis B dan lebih dari 240 juta orang pengidap hepatitis kronik.

Gejala klinis Hepatitis pada umumnya berupa kelelahan, kurangnya nafsu makan, mual, muntah, urine yang berwarna lebih pekat tetapi sebagian besar tidak menunjukan gejala klinis atau asistomatis.

Cara penularan penyakit ini bisa melalui vertikal yakni penularan yang terjadi pada masa perinatal yaitu penularan dari ibu kepada anaknya yang baru lahir. Jika seorang ibu hamil carier Hepatitis B dan HbeAg positif maka bayi yang dilahirkan 90% kemungkinan terinfeksi. Sekitar 25% dari jumlah tersebut akan meninggal karena Hepatitis kronik atau kanker hati.

Sedangkan penularan Hepatitis secara horizontal adalah penularan dari individu pengidap ke individu lain melalui jarum suntik tidak steril dan penularan ini terjadi pada tempat dengan endeminitas rendah.

Untuk melalukan pencegahan di kalangan tenaga kesehatan, maka dilakukan screening Hepatitis B..
Yuk nakes kita screening Hepatitis b


Share :