Pertemuan Review Penilaian Kinerja Puskesmas




Tabik Pun,
Telah diadakan pertemuan Review Penilaian Kinerja Puskesmas dari tanggal 13 sampai 16 September 2022.

Penilaian kinerja Puskesmas adalah suatu upaya untuk melakukan penilaian hasil kerja / prestasi Puskesmas. Pelaksanaan penilaian dimulai dari tingkat Puskesmas sebagai instrumen mawas diri karena setiap Puskesmas melakukan penilaian kinerjanya secara mandiri, kemudian Dinas Kesehatan melakukan verifikasi hasilnya.

Adapun aspek penilaian meliputi hasil pencapaian cakupan dan manajemen kegiatan termasuk mutu pelayanan (khusus bagi Puskesmas yang telah mengembangkan mutu pelayanan) atas perhitungan seluruh Puskesmas. Berdasarkan hasil verifikasi, dinas kesehatan kabupaten / kota bersama Puskesmas dapat menetapkan Puskesmas kedalam kelompok (I,II,III) sesuai dengan pencapaian kinerjanya.

Pada setiap kelompok tersebut, dinas kesehatan kabupaten dapat melakukan analisis tingkat kinerja puskesmas berdasarkan rincian nilainya, sehingga urutan pencapian kinerjanya dapat diketahui, serta dapat dilakukan pembinaan secara lebih mendalam dan terfokus.

Secara garis besar lingkup penilaian kinerja Puskesmas tersebut berdasarkan pada upaya-upaya Puskesmas dalam menyelenggarakan :

Pelayanan kesehatan yang meliputi :
Upaya Kesehatan Esensial sesuai dengan kebijakan nasional , di mana penetapan jenis pelayananannya disusun oleh dinas kesehatan kota;
Upaya Kesehatan Pengembangan antara lain penambahan upaya kesehatan atau inovasi.

2. Pelaksanaan manajemen Puskesmas dalam penyelenggaraan kegiatan, meliputi

Proses penyusunan perencanaan, pelaksanaan lokakarya mini dan pelaksanaan penilaian kinerja;
Manajemen sumber daya termasuk manajemen alat, obat, keuangan dan ketenagaan.

3. Mutu pelayanan Puskesmas, meliputi :

Penilaian input pelayanan berdasarkan standar yang ditetapkan;
Penilaian proses pelayanan dengan menilai tingkat kepatuhannya terhadap standar pelayanan yang telah ditetepkan;
Penilaian output pelayanan berdasarkan upaya kesehatan yang diselenggarakan;
Penilaian outcome pelayanan antara lain melalui pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa pelayanan Puskesmas.


Share :