Monitoring dan Evaluasi pelatihan TGC penanganan KLB oleh Bapelkes Provinsi Lampung




Monitoring dan Evaluasi pelatihan TGC penanganan KLB oleh Bapelkes Provinsi Lampung, Rabu, 7 Februari 2024.

Kejadian luar biasa (KLB) atau Wabah penyakit menular dan keracunan masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena dapat menyebabkan jatuhnya korban kesakitan dan kematian yang banyak. Selain itu, kasus KLB maupun wabah juga menyerap anggaran yang besar dalam upaya penanggulangannya.
Dampak yang dihasilkan pun berimbas pada semua sector, mulai sector ekonomi, pariwisata bahkan berpotensi menyebarluas lintas kabupaten/ kota, provinsi bahkan antar Negara.
Besarnya dampak yang disebabkan kasus KLB maupun wabah,maka dalam penanganannya perlu mendapat perhatian serius dari setiap pemangku kepentingan di pusat dan daerah.

Tim Gerak Cepat (TGC) Penanggulangan Kasus KLB dan Wabah terdiri dari tenaga Puskesmas/ Dinas Kesehatan, yang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan terutama saat terjadinya KLB atau wabah,

Tim Gerak Cepat ini bertindak secara cepat dan tepat dalam melaksanakan kewaspadaan/ deteksi dini KLB dan investigasi KLB, dapat memberikan informasi untuk bertindak secara cepat dan tepat dalam melakukan penanggulangan seefisien mungkin.


Share :